Fatma Heri Susiawan SMP NEGERI 4 MARTAPURA
Sekolah Berwawasan Lingkungan Bersih dan Sehat
Profil PSB Pengumuman Terbaru Biodata Guru Dll Kontak Kami Album Adiwiyata OSIS

Selamat Datang Di Blog SMP Negeri 4 Martapura
Moto : Ada Guru Ada Murid Belajar; Visi : "Terwujudnya lulusan yang beriman, sehat, cerdas, dan terampil"

Senin, 24 Mei 2010

BIODIVERSITY 2010 DI SMPN 4 MARTAPURA





PIDATO KEPALA SMPN 4 MARTAPURA
PADA PERINGATAN HARI KEANEKARAGAMAN HAYATI TANGAL 22 MEI 2010
Assalamu alaikum warah matullahi wabarakaatuh.
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Hari ini, Senin, 24 April 2010 kita keluarga besar SMPN 4 Martapura secara khusus memperingati Hari Keanekaragaman Hayati dan merayakan International Year for Biological Diversity, yang kita jadikan penandaan dan pengaktualisasian nilai-nilai rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT yang telah menciptakan makhluk-makhluk hidup yang secara seimbang dan berguna bagi kehidupan manusia secara keseluruhan. Selain itu kita jadikan pula sebagai upaya menumbuhkembangkan kecintaan seluruh penduduk bumi umumnya dan warga SMPN 4 Martapura khususnya terhadap keanekaragaman hayati atau biodiversitas.
Bapak & Ibu Staf Pengajar & Tata Usaha, Para siswa sekalian yang saya hormati.
Jika kita mengamati secara lebih cermat keadaan dimuka bumi saat ini, maka kita patut untuk gelisah. Betapa tidak, saat ini sudah mulai sulit menemukan pohon atau buah-buahan tertentu seperti Mundar, Karamunting, Kuranji, dll. Saat ini sudah semakin jarang kita melihat binatang yang dulu sangat banyak seperti kupu-kupu / rama-rama, kumbang silau, burung punai, burung karuang, kera bangkuy, bekantan, dll. Begitu juga ikan tertentu seperti papuyu, arwana, dll.
Padahal Allah SWT telah menjadikan alam ini menurut ukuran yang ditentukan, sebagaimana firman-Nya pada Surah Al Hijr ayat 19 – 22 :
Yang artinya :
19. Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.
20. Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezeki kepadanya.
21. Dan Tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kamilah khazanahnya (sumber) dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu.
22. Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan tumbuh-tumbuhan, dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.
Dengan ayat-ayat tersebut, sudah semestinya kita menjadikan makhluk-makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini secara seimbang, sehingga tidak terjadi kepunahan pada satu atau beberapa species makhluk hidup tertentu, yang pada akhir menyebabkan kesengsaraan bagi kehidupan kita semua. Dan ayat-ayat tersebut tidak lain adalah berbicara tentang Biological Diversity (Keanekaragaman Hayati) yang diberikan Allah SWT dan berguna bagi kehidupan kita semua.
Anak-anakku sekalian, beberapa bagian uraian saya ini merupakan kutipan dari tulisan seorang pemerhati lingkungan (Alamendah) yang menulis pada blognya, dan sangat patut kita simak.
Apa sebenarnya yang dimaksud Biodiversity ? Biodiversity (keanekaragaman hayati) merupakan suatu istilah pembahasan yang mencakup segala bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya, yaitu mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme serta ekosistem dan proses-proses ekologi. Secara singkat definisi biodiversity merupakan keanekaragaman makhluk hidup dan hal-hal yang berhubungan dengan ekologinya, dimana makhluk hidup tersebut terdapat. Keanekaragaman hayati mencakup tiga tingkatan yang meliputi keanekaragaman genetik, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem.
Menurut sejarahnya, Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (The International Day for Biological Diversity) diperingati pertama kali pada tanggal 29 Desember 1993 berdasarkan penetapan Komite Kedua Majlis Umum PBB pada tahun 1993. Penetapan tanggal 29 Desember sebagai Hari Keanekaragaman Sedunia bertepatan dengan pelaksanaan Konvensi Tentang Kenaekaragaman Hayati (COP- Convention on Biological Diversity). Namun pada Deseber 2000, PBB mengadopsi tanggal 22 Mei sebagai Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (The International Day for Biological Diversity).
Tanggal 22 Mei 1992 merupakan tanggal pengesahan Teks Kesepakatan Keanekaragaman (Nairobi Final Act of the Conference for the Adoption of the Agreed Text of the Convention on Biological Diversity). Pertemuan di Nairobi, Kenya yang berlangsung pada tanggal 11-22 Mei 1992 merupakan pertemuan terakhir sebelum pelaksanaan United Nations Conference on Environment and Development (3-14 Juni 1992) yang menghasilkan UN Convention on Biological Diversity (Konvensi Keanekaragaman Hayati).
Anak-anakku sekalian, peserta upacara yang saya hormati !
Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mendeklasikan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (International Year of Biodiversity). Tema yang diambil dalam tahun biodiversity ini adalah “Biodiversity is Life, Biodiversity is Our Life”. Pendeklarasian tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati digunakan sebagai ajang kampanye global dalam menggalang kesadaran publik dunia akan pentingnya keanekaragaman hayati bagi umat manusia.
Fokus kampanye diarahkan untuk:
• menekankan pentingnya biodiversity bagi kesejahteraan umat manusia,
• merefleksikan pencapaian upaya-upaya dalam menyelamatkan keanekaragaman hayati,
• mendorong agar upaya tersebut dilipatgandakan guna mengurangi laju kepunahan biodiversity.
Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (International Year of Biodiversity) 2010 bertujuan untuk:
• Meningkatkan kesadaran publik tentang pentingannya penyelamatan biodiversity dari ancaman utama penyebab kepunahan,
• Meningkatkan kesadaran akan penyelesaian penyelamatan biodiversity,
• Mendorong individu, organisasi, dan instansi pemerintah agar segera mengambil langkah tindakan yang dibutuhkan untuk mengatasi kehilangan biodiversity,
• Mempromosikan inovatif solusi untuk mengurangi berbagai ancaman keanekaragaman hayati,
• Mengawali dialog dengan para stakeholder tentang langkah-langkah yang diperlukan pasca 2010.
Hari Keanekaragaman Hayati (biodiversitas) tahun 2010 yang diperingati pada 22 Mei 2010 semakin terasa bermakna karena bertepatan dengan penetapan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati yang dicanangkan PBB. Hari Keanekaragaman Hayati (biodiversitas) tahun 2010 juga sejalan dengan yang akan pertemuan para pihak tentang keanekaragaman hayati (Conference of the Party Convention on Biological Diversity; COP CBD) 2010 yang akan dilaksankan dilaksanakan pada 11-28 Oktober 2010 di Nagoya Jepang.
Anak-anakku sekalian, peserta upacara yang saya hormati !
Biodiversity Indonesia. Deklarasi Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (Biodiversity) ini penting bagi Indonesia mengingat Indonesia merupakan salah satu negra dengan tingkat biodiversity tertinggi di dunia.
Beberapa fakta tentang biodiversity (keanekaragmana hayati) Indonesia, antara lain:
• Terumbu karang Indonesia mempunyai keanekaragaman yang tinggi dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 590 jenis karang batu, 2500 spesies ikan, 2500 jenis Moluska, dan 1500 spesies udang-udangan.
• Biodiversity anggrek di Indonesia tertinggi di dunia dimana terdapat sekitar 5.000 jenis anggrek, seperti anggrek hitam, anggrek bulan, anggrek hartinah dan lainnya.
• Biodiversity burung yang mencapai 17 % jumlam jenis burung di dunia.
• Negara maritim terluas, garis pantai terpanjang kedua, hutan tropis terluas ketiga, jumlah spesies hiu terbanyak dan lain sebagainya
Sayangnya keanekaragaman hayati di Indonesia ini mulai terancam oleh deforestasi hutan, kepunahan spesies dan lain sebagainya.
Dengan demikian momen deklarasi tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Biodiversity (International Year of Biodiversity) yang dicanangkan PBB kiranya bias membawa inspirasi buat kita semua untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keanekaragaman hayati bagi umat manusia di dunia, khususnya di Indonesia.
Oleh karena itu pula maka hari kami mengajak seluruh siswa untuk melakukan kegiatan berupa melepaskan ikan ke kolam sebagai tanda mencintai kehidupan yang ada di alam sebagai ciptaan Allah SWT yang nantinya dimanfaatkan bagi kehidupan kita. Lepaskanlah ikan-ikan itu di kolam dengan rasa cinta.
Semoga Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (The International Day for Biological Diversity) dengan berbagai liku sejarah dan pelaksanaannya ini mampu menumbuhkan kecintaan seluruh manusia bumi terhadap biodiversitas (keanekaragaman hayati) di bumi.
MARILAH DENGAN KEMAMPUAN YANG ADA PADA KITA MEMPERINGATKAN KEPADA SIAPAPUN TENTANG HARUS BERLAKU “SANTUN” TERHADAP ALAM, DEMI KELANGSUNGAN HIDUP UMAT MANUSIA / KITA SEMUA.
SELAMAT HARI KEANEKARAGAMAN HAYATI 2010.

Martapura, 22 Mei 2010
Kepala SMPN 4 Martapura


Drs. MUHAMMAD ARSYAD, M.Pd.
NIP. 19570704 198603 1 016